Friday 30 August 2013

CARA MEMBUAT ICE CREAM SENDIRI





Cara Membuat Ice Cream Sendiri

Bahan Ice Cream Sendiri :
  • 300 ml susu cair full cream
  • 1/2 sdt esens vanila
  • 30 gram coklat serbuk
  • 6 kuning telur
  • 175 gram gula pasir
  • 600 ml krim kental  /whipped cream dairy cair
  • 250 gram dark cooking chocolate, cincang kasar

Cara Membuat Ice Cream Sendiri :
  1. Jerang susu cair dan esense vanila dalam periuk dengan api kecil. Ambil sekitar 50 ml susu untuk dicampur dengan serbuk coklat, adun sampai serbuk coklat  larut, lalu tuangkan ke dalam periuk susu. Masak sambil dikacau hingga mendidih perlahan, angkat.
  2. Pukul kuning telur bersama gula pasir dengan mikser kecepatan sedang selama 3 minit (bergantung mikser masing-masing ) sampai mengental dan berwarna pucat.
  3. Tuang larutan susu-coklat ke dalam  kuning telur yang telah mengental, adun dengan spatula/whisk hingga rata. masukkan kembali campuran ini kedalam periuk bekas merebus susu, jerang di atas api kecil selama 3-4 menit hingga adunan mengental (jangan sampai mendidih)
  4. Masak krim kental di periuk dengan api kecil. Ketika sudah timbul gelembung-gelembung kecil, masukkan dark coklat  cincang. Angkat periuk lalu kacau hingga seluruh coklat meleleh dan adunan terlihat licin.
  5. Masukkan adunan susu-telur ke dalam adunan krim-coklat, kacau rata. Biarkan hingga dingin.
  6. Selesai fase ini, masukkan adunan ke ice cream maker dan dikacau sampai 1 jam sebelum akhirnya menjadi ais krim.
Untuk yang belum punya ice cream maker, maka masukkan adunan dalam freezer kira-kira sampai 3 jam, keluarkan lalu pukul dengan mixer sampai lembut selama 5 minit. Ulangi proses ini sampai 3-4 kali hingga diperoleh adunan yang lembut

No comments:

Post a Comment